.::Salam Hangat Satu Jiwa Untuk Semua::.

Kamis, 30 Januari 2014

Aku ingin bercerita tentang negri ku,

Aku ingin bercerita tentang negri ku,
Kata orang, emang manis-manis gula jawa, negeri yang konon berlimpah materi, rakyatnya masih makan ikan teri sambel trasi, pemimpin berpakaian nyentrik di plosok belum tersentuh listrik. Yang konon bangsa yang menjunjung demokrasi, korupsi masih merajai Aduhai, aku ingin meludahi.

Mbah ku sering bercerita, sekarang kita sudah merdeka dari penjajah, jepang, inggris, potugis, belanda sudah kembali ke negaranya. Bercerita tetang kegagahan para jendral yang kokoh, dan gigih ketika berperang, yang mungkin sampai sekarang masih terkenang. Tapi yang ku khawatirkan, apa yang akan aku ceritakan kepada anak cucuku kelak tentang negri ku ini, sekarang tak jaman lagi berperang yang terkenang hanya utang piutang.

Aku ingin bercerita tentang negri ku,
Dulu belanda menjajah bangsa ku dengan politik "devide et impera", dan sekarang seakan berkembang biak dengan sempurnah dan mungkin di propagandakan menjadi spesiaes-spesiaes baru. aduhai, betapa susahnya anak cucu ku kelak yang harus menanggung penyakit itu. Negeri yang makmur, tapi banyak orang yang nganggur.

Ibu ku pernah bercerita, dulu kita pernah hidup rukun berseri-seri, dan semuanya ada di negeri ku ini. Budha, hindu, islam, kristen, semuanya saling menyayangi dan hargai. jawa, sunda, sumatra, hingga papua berbeda tapi bersatu di "bhenika tunggal ika". Mereka selalu berpesan " jaga dan cintailah negeri ini".

Aku ingin bercerita tentang negri ku,
Aduhai aku ingin, sekali tak berhayal seperti halnya yang tempo dulu mbah dan ibu ku ceritakan. Negeri yang memiliki banyak pulau dan budaya sering kali tak berdaya ketika perlahan tercuri oleh negara tetangga. Sudahlah aku tetap cinta dengan negeri ini, negeri yang mempunyai beribu pelangi di dalamnya. tak peduli bangsa lain mengadu domba, negeri ku mempunya beribu kisah dan sejarah. Tempat dimana aku akan menutup mata. 

Tidak ada komentar: