.::Salam Hangat Satu Jiwa Untuk Semua::.

Jumat, 22 Juni 2012

Nilai dari Sebuah Toleransi


Nilai dari Sebuah Tolaransi 

Pada hakekat sebuah toleransi adalah kita dapat menghargai sebuah pendapat dan keyakin dalam sebuah pilihan. Akan tetapi toleransi itu tidak terbatas. Nilai salaing menghargai menjadi kandungan utama dalam melakuni aspek ini. Realitanya adalah ketika kita sedang berjajal pendapat dengan beberapa kelompok yang mempunyai karakter yang berbeda, tentunya kita akan berusaha untuk memasukkan doktrin kita dalam kelompok tersebut. Sehingga menimbulkan becekcokan diantara mereka, dan nilai inilah yang kita junjung tinggi dalam bertukar pikiran.

Tak sedikit orang yang telah kita temui melakoni aspek tersebut demi mendapatkan sebuah image di kelompok lain dan menjaga keutuhan silaturrohim. Beberapa faktor yang membuat kita sering melakukan perdebatan dalam suatu kolompok adalah:

  1.  Sudut pandang kita ketika melihat sebuah permasalah
  2.  Refrensi yang kita baca
  3.  Opini mengenai sebuah masalah
  4.  Egoisme
  5.  Gengsi

Pada realitanya seorang yang telah menjunjung sebuah Nilai Toleransi ini akan merasakan sebuah keindahan dalam melakukan musyawarah. Dan meraka akan mengetahui apa saja yang dapat kita ambil dari percekcokan tersebut. Merasakan bahwwa sebenarnya sebuah perbedaaan itu merupakan ke indahan tersendiri. Karena kita mengetahui berbagai macam pola pikir seseorang.

Dari penjelasan tersbut kita seharusnya mengetahui Nilai Toleransi dalam berbagai bidang, dalam bidang sportifitas misalnya, seorang sporter seharusnya dapat menghargai sporter yang lain juga, dan seharus tidak ada permusuhan di antara mereka. Dikarenakan perbedaan dalam mendukung sebuah club bola  atau cabang olahraga yang lain.

Lebih-lebih meraka yang telah memahami nilai sebuah toleransi. Seharusnya memberikan sebuah contoh terhadap meraka yang belom mempunyai nilai tersebut. Dan tentunya stiap agama dan keyakinan mengajarkan nilai tersebut.

oleh: Ahmad Lubaid

Tidak ada komentar: